Rabu, 19 Agustus 2015

Nyamannya Keliling Ibu Kota Naik Mobil Kota Daihatsu

// // Leave a Comment
Jakarta, KompasOtomotif - Berkandara di jalanan Ibu Kota yang padat, paling enak sambil mengendarai mobil kota. Selain ukurannya kompak, bensinnya irit, tapi dilengkapi dengan berbagai kelengkapan fitur penunjang keselamatan dan kenyamanan di jalan. Daihatsu New Sirion, boleh jadi pilihan utama di antara mobil kota sebanding lain.

Duduk di balik kemudi Sirion baru, rasanya takjub juga. Melihat dimensi mobil yang kompak, sempat terbersit kalau anjungan mengemudi akan sempit, mengingat postur tubuh cukup tambun dengan tinggi badan 178 cm. Tapi, semua kekhawatiran itu pupus, ternyata posisi duduk di bangku kemudi cukup nyaman. 

Buat pengemudi yang pendek, tuas peninggi jok di sisi kanan bisa disesuaikan. Tingkat lingkar kemudi juga bisa diatur, berkat fitur tilt stearing. Meski jok bisa dimundurkan sampai mentok, tapi ruang kaki penumpang di baris kedua tidak terganggu, masih relatif nyaman.

Sebelum jalan, atur dulu posisi spion. Dari kondisi melipat ke dalam, cukup tekan tombol, posisi spion terbuka. Sudut refleksi cermin juga dengan mudah diatur dari dalam kabin, lewat tombol dasbor, di sebelah bawah lingkar kemudi. Tuas perseneling yang menggantung di dasbor, juga menambah ruang kabin jadi lebih lapang.

Febri ArdaniHeadunit 2DIN baru di kabin Daihatsu New Sirion.

Penunjang


Untuk menunjang kenyamanan, Daihatsu juga melengkapi Sirion dengan banyak konsol menaruh minuman (cup holder) dan barang kecil, mulai dari sisi kanan pengemudi, pintu, hingga konsol tengah. Di bagian belakang jok penumpang depan, ada pengait penggantung untuk barang bawaan maksimal 3 kg. 

Pada jok belakang sudah dilengkapi dengan ISOFIX yang bisa mengikat kursi bayi. Bagasi lumayan lapang, apalagi bisa diperluas dengan posisi jok belakang yang bisa dilipat sampai rata.

Sistem audio sudah menggunakan 2DIN, dengan fungsi radio, CD, MP3, Bluetooth, AUX, dan USB. Untuk pengaturan, bisa dioperasikan lewat tombol di lingkar kemudi.

Febri ArdaniPenampakan ruang bagasi Daihatsu New Sirion.
Macet

Mesji harus melintasi jalan protokol yang padat, transmisi otomatis 4-percepatan yang dilengkapi ada Sirion tipe 1.3 AT membuat perjalanan jadi nyaman. Mesin K3-VE, 1.3 liter, DOHC, VVT-i, dengan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 11.9 Nm pada 4.400 rpm, mumpuni untuk kondisi jalan stop-and-go.

Selap-selip di kemacetan jalan juga terasa asyik, karena bodi kompak Sirion dan paling terasa fitur electronic power steering (ESP) membuat perputaran setir jadi terasa mantap. Ringan ketika pelan, tapi mendadak berisi waktu diajang ngebut.

Kesimpulannya, Sirion bisa jadi alternatif pilihan utama mobil kota bagi mereka yang setiap hari berkativitas di kalangan urban. 

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/04/16/161648415/Nyamannya.Keliling.Ibu.Kota.Naik.Mobil.Kota.Daihatsu

0 komentar:

Posting Komentar